Sunday, December 20, 2015

Bernostalgia dengan Serial Amigos yang Bikin Kangen


Pada era 2000-an awal, acara TV Indonesia belum dihiasi oleh serial Korea, India ataupun Turki. Televisi Indonesia dipenuhi oleh orang-orang berkulit eksotis cantik dan tampan. Beberapa telenovela menjadi primadona di Indonesia di awal 2000-an, katakan saja Amigos. Mungkin bagi mereka yang menghabiskan masa kecilnya di tahun 90-an merasakan rindu akan film telenovela, terlebih telenovela yang menceritakan tentang persahabatan dan percintaan ini.

Amigos X Siempre! Atau yang berarti 'Teman Selamanya' (Friends 4 Ever) adalah telenovela yang tayang di Meksiko. Pertama kali di tayangkan di tahun 2000 dengan total episode 115. Bagi generasi 90-an pasti sangat kenal dengan telenovela yang satu ini. Telenovela ini sempat di tayangkan di salah satu channel swasta di tahun 2005, dan penontonnya tak tanggung-tanggung, dari anak-anak (perempuan & laki-laki) hingga ibu-ibu rumah tangga, dan bahkan para asisten rumah tangga juga sempat menonton serial ini. 

Ceritanya tentang sekelompok anak-anak dengan background yang berbeda dan membuat persahabatan di sekolah Instituto Vidal dengan menggunakan musik sebagai kekuatan dari mereka. Kepala sekolahnya, sekaligus pemilik sekolah itu yaitu  Julia Vidal, dulunya merupakan orang yang baik hati namun berubah menjadi orang yang sangat dingin karena suami beserta anaknya yaitu Lauriel telah meninggal. Ia memiliki cucu yang berusia 10 tahun yaitu Ana Capistran Vidal yang diperankan oleh Belinda Peregrin. Ana sangat cerdas dan juga ramah, namun ia berhasil mengusir rasa traumanya melalui musik dan ia memiliki kemampuan untuk memindahkan objek dengan pikirannya (tanpa menyentuhnya). Namun, ayah Ana, Francisco Capistrán yang diperankan oleh Odiseo Bichir, memanfaatkan situasi ini untuk mengambil alih sekolah Julia. Seiring berjalannya waktu, paman dari Ana yaitu Salvador (diperankan oleh Ernesto Laguardia) datang bersama anak adopsinya yang bernama Pedro (diperankan Martin Ricca) dan segalanya berubah. Pedro yang gemar melanggar aturan selalu mengajak bermain Ana, sehingga Ana belajar untuk melupakan kesedihannya, kehidupannya berubah menjadi penuh berwarna, banyak hal yang tak terduga yang mereka alami.


Beberapa anak-anak lain yang ada di sekolah Instituto Vidal juga memiliki background yang berbeda.Termasuk Ana, ia kerap tertekan oleh sikap ayahnya yang membuat ia bersedih. Oleh karena itu Pedro Vidal Naredo  mengajarkannya untuk tersenyum, dan ia sangat suka sekali bernyanyi. Santiago del Valle yang diperankan oleh Christopher Uckermann anak kecil yang sangat kesepian, karena ia dibesarkan oleh pembantunya. Ada lagi Lourdes (Daniela Mercado), sahabat Ana, seorang anak yang pemalu dan menghabiskan seluruh waktunya untuk menemani adiknya yang memiliki Down Syndrome, Carlitos. Patricia yang diperankan oleh Griselle Margartia seorang anak yang kesepian dan bermimpi untuk menjadi orang kaya. Gilberto (Mickey Santana), seringkali berbicara tidak lancar karena tekanan dari orang tuanya. Lalu ada Renata (Naidelyn Navarrete), adiknya Gilberto yang berjuang keras untuk mendapatkan perhatian dari ayahnya, yang percaya bahwa perempuan itu tidak berguna, maka dari itu ia mencoba menjadi seorang pria. Lalu Carlitos yang diperankan oleh Pablo Tableros terlahir dengan Down Syndrome, ia berjuang untuk bersikap normal dan memperlihatkan ke orang-orang bahwa orang yang memiliki kelainan mental juga memiliki perasaan, peduli terhadap sesama, dan dapat membantu sekitar. Lalu ada Rafa yang diperankan Ronald Duarte, seorang anak yang gemuk dan jatuh cinta kepada Patricia. Dialah yang mengeluarkan ide, dan penulis lagu dalam grup tersebut. 








Mungkin bukan hanya telenovela Amigos yang dirindukan, namun ada beberapa telenovela lain yang sangat melekat di hati pemirsa Indonesia hadir pada saat itu, yaitu Rosalinda, Esperansa, Carita De Angel, Mariana & Silviana, dan masih banyak lainnya. 

Artikel Terkait