Tuesday, September 15, 2015

7 Hal yang Harus Dihindari Ketika Datang Bulan

Seluruh wanita dewasa di dunia pasti pernah mengalami datang bulan. Katakanlah, setiap "panggilan" bulanan ini datang, ruang gerak wanita menjadi terbatas. Adanya keterbatasan itu sehingga melakukan segala sesuatunya terasa tidak benar.
Karena ruang gerak yang makin terbatas, ada hal-hal yang perlu di hindari saat datang bulan. Hal ini akan membantu Anda agar lebih sehat dan untuk mengurangi rasa sakit yang dirasa pada saat datang bulan.

1. Latihan Berat di Waktu Tertentu
Salah satu hal yang harus dihindari selama datang bulan adalah melakukan hal-hal yang berat karena akan membuat kram di perut semakin sakit. Daripada menderita kram perut di tempat fitness atau gym cobalah untuk yoga. Melakukan merangkak akan merenggangkan otot perut Anda menjadi lembut, membantu untuk meningkatkan aliran darah ke daerah pinggul dan batas kram. Latihan pernapasan yoga di sebuah kelas akan membantu anda rileks, dengan pose yoga yang menantang, otot perut Anda akan memiliki efek yang sama seperti berenang.

2. Sesuaikan Asupan Lemak Jenuh
Sesuaikan asupan lemak jenuh Anda selama satu minggu dimana memakan steak bukanlah ide yang baik. Daging merah akan membuat kadar estrogen Anda meningkat. Hal ini akan membuat belakang kepala Anda menjadi sakit. Produk susu juga mengandung kadar tinggi lemak jenuh dan asam arakidonat, yang dapat meningkatkan produksi prostaglandin pada tubuh anda, yang berarti minum susu akan membuat Anda lebih rentan terserang kram perut yang menyakitkan. Jangan lupa juga untuk menghindari yoghurt, akan membuat mood Anda semakin buruk.

3. Atur Pola Konsumsi Cokelat
Daripada menyerah untuk makan cokelat, buatlah mood PMS menjadi lebih baik dengan memakan sepotong cokelat dalam sehari. Jika cokelat itu mengandung kakao minimal 60% maka kadar serotonin Anda akan menerima dorongan yang menyenangkan dan akan mengangkat suasana hati Anda menjadi lebih baik. Ini akan memberi Anda sesuatu yang baik di kemudan harinya, ketika rasa sakit pada saat datang bulan membuat Anda down atau menghentikan Anda melakukan hal-hal yang Anda sukai.

4. Kurang Minum
Hindari kekurangan minum, karena minum air akan kan mengurangi kadar konsentrasi Anda, dimana akan membuat rasa kram di perut akan semakin sakit dan kembung. Minumlah yang banyak disaat masa datang bulan Anda untuk menghindari rasa kram di perut.

5. Terlalu Banyak Mengkonsumsi Serat
Konsumsi serat pada masa datang bulan akan menimbulkan pencernaan yang tidak normal. Cobalah untuk mengkonsumsi kacang, kacang adalah sumber yang baik untuk serat tambahan yang Anda butuhkan. Jika mengkonsumsi kacang akan menambah masalah "buang gas" Anda, coba tambahkan beberapa biji jintan untuk hidangan kacang. Jintan mampu membantu pencertaan secara alami dan menghentikan gas yang berkembang didalam perut. Anda juga bisa mengkonsumsi vitamin yang dapat membantu kesehatan pencernaan Anda.

6. Asupan Garam yang Tinggi
Makanan olahan yang ada pada saat ini sebagian besar mengandung natrium (garam) yang sangat tinggi, ini berarti Anda harus menghindari makanan yang dapat membuat perut Anda semakin kembung, seperti kacang asin, keripik atau ikan asin. Gantilah dengan wortel, mentimun, atau batang seledri dan juga buah alpukat yang segar ataupun ketumbar. Namun, janganlah Anda mencampurnya dengan susu. 

7. Sayuran-Bebas Diet
Anda akan mengabaikan sayuran dalam keseharian Anda, terlebih dalam masa datang bulan. Sayuran adalah sahabat Anda, jangan hindari ini pada masa datang bulan. Ingat! Bahwa susu dan lemak jenuhlah yang bertanggung jawab terhadap kram di perut Anda. Banyak sekali sayuran yang menjadi sumber kalsium, membuat mereka menjadi alternatif yang sempurna dari produk susu, dengan perbanyak asupan sayuran akan mengurangi kejang pada otot Anda yang berarti dapat mengurangi kram di perut. Sayuran gelap seperti bayam dan kubis merupakan sahabat yang baik disaat Anda mendapatkan kunjungan bulanan ini. Mengunyah bayam dan kubis akan menghentikan pendarahan yang banyak karena mereka memberikan tubuh Anda dengan vitamin K. 

Semua ini harus didasasrkan pada prinsip kesehatan, Anda dapat mengadopsinya sebagai kebiasaan sehingga menjadi gaya hidup Anda disaat datang bulan. Anda tidak harus berjuang untuk menghindari "ruang gerak" atau "keterbatasan" yang Anda rasakan selama ini, karena itu akan terlupakan dan hidup Anda semakin mudah ketika Anda menjalankan ini menjadi gaya hidup Anda.



source: allwomenstalk.com

Artikel Terkait