Wednesday, October 21, 2015

Ketahui Tips Membuat CV Bagi Yang Baru Lulus Kuliah

Momen wisuda merupakan momen yang ditunggu-tunggu bagi orang yang menyelesaikan kuliahnya. Begitu selesai di wisuda maka ada ribuan orang di waktu yang bersamaan memulai sebuah kompetisi baru, bukan lomba untuk mendapatkan nilai bagus lagi tapi lomba untuk mendapatkan pekerjaan. 

Source photo: www.gradlinkuk.com

Layaknya Lomba, tentunya harus ada persiapan yang bagus dan kematangan sebelum bertempur, bila tidak, pasti akan 'mati konyol'. Nah, salah satu senjata untuk lomba mendapatkan pekerjaan ini adalah CV yang bagus. Bukan rahasia lagi jika banyak CV yang tidak dilirik oleh HRD, alih-alih masuk ke kandidat yang di pertimbangkan, malah masuk ke tong sampah.

CV adalah “wajah” dari Anda yang dilihat pertama kali oleh HRD, untuk itu harus bagus, dan mengesankan, tidak ada istilah “don't judge the book by its cover” disini, apa yang ada di CV Anda, itulah yang dilihat dan dipertimbangkan oleh HRD pertama kali. Bisa jadi A memiliki kemampuan atau pengalaman yang bagus, tapi jika dia tidak bisa menuliskan dan menampilkannya di CV maka dia akan tereliminasi oleh orang lain yang belum tentu secakap dia namun memiliki CV yang ciamik. 
Sebenarnya membuat CV tidaklah sulit, asalkan kita tahu apa-apa saja yang perlu ada dan tidak perlu ada di dalam CV tersebut, berikut ini beberapa tips yang mungkin bisa membantu.

1. Jumlah Halaman
Untuk para fresh graduates, maksimal CV adalah 2 halaman A4, jika Anda fresh graduate tapi CV lebih dari 2 lembar, maka pilihlah info-info terpenting yang berkaitan dengan posisi yang di lamar saja yang dicantumkan. Bila Anda melamar untuk posisi kreatif (desainer dll), maka pisahkan portofolio kamu dari CV.

2. Bahasa
Gunakanlah bahasa Inggris, bila kamu tidak tahu dan tidak pasti maka minta tolong teman untuk memeriksa grammarnya.

3. Kustomisasi CV
CV yang baik adalah CV yang disesuaikan dengan perusahaan dan posisi yang dilamar, artinya sebisa mungkin CV Anda di sesuaikan dengan perusahaan dan posisi yang dilamar, keluarkan semua hal yang kurang relevan dan masukkan pengalaman atau pencapaian yang sesuai. Bila Anda bingung, ada baiknya Anda lihat dulu seluk beluk perusahaan yang akan dilamar disini https://goo.gl/ZrVcpq sehingga bisa mendapat gambaran yang jelas sebelum melamar.

4. Info Pribadi
Menulis personal info berbeda dengan menulis biodata. Hanya masukan informasi penting seperti nama, nomer telp, tempat dan tanggal lahir, alamat rumah, jenis kelamin dan email. Email yang dicantumkan harus dengan nama yang formal seperti penggunaan nama legkap atau bisa dikombinasikan dengan angka. Hindari mencantumkan email dengan kata slang seperti chikachubby@gmail.com atau chikakerensekali@gmail.com. Untuk foto, cantumkan pas foto Anda dengan ukuran yang tidak terlalu besar.
Seperti contoh di bawah ini:


5. Education
Cukup masukkan pendidikan terakhir dan yang berkaitan dengan posisi yang di lamar. Misalnya lulusan SMK teknik mesin dan saat kuliah mengambil jurusan teknik mesin. Jangan lupa untuk menulis jurusan dan IPK jika diatas 3. Jika IPK yang di bawah 3 tidak perlu dicantumkan.

6. Experience / Activities
Tulis pengalaman kerja, pengalaman organisasi atau pengalaman membuat sebuah project dan jelaskan posisi dan responsibilitiesnya dalam organisasi atau perusahaan tersebut. Mengikuti organisasi atau kegiatan-kegiatan diluar pendidikan formal adalah nilai plus bagi seorang fresh graduate. Seperti contoh di bawah ini:



7. Pencapaian / Penghargaan
Tulis penghargaan yang pernah di raih, namun penghargaan yang di maksud adalah penghargaan yang “bermutu” seperti juara kompetisi robotik atau mendapat sertifikasi LCCI dan sebagainya. 

8. Skill dan Interest
Bagi para fresh graduates, penting untuk mencantumkan skill dalam CV karena biasanya fresh graduates belum punya pengalaman sehingga skill menjadi salah satu penilaian. Seperti contoh berikut ini:

Terakhir, sebaiknya tulis interest atau hobi karena biasanya interest akan menjadi topik yang akan di explore oleh interviewer.

9. Cari Informasi Perusahaan
Sebelum mengirim CV sebaiknya cari informasi tentang perusahaan yang dituju terlebih dahulu untuk mengetahui perusahaan yang tepat terutama bagi para fresh graduate. Informasi mengenai perusahaan yang bagus untuk fresh graduate bisa Anda dapatkan disini https://goo.gl/ZrVcpq

Artikel Terkait