Tuesday, September 15, 2015

Inilah 5 Jembatan Terunik di Dunia

Tags

Pada awalnya, jembatan di bangun untuk membuat transportasi menjadi lebih mudah. Tapi pada saat ini, jembatan sudah bukan hanya sebagai penghubung dua titik. Jembatan sudah berubah menjadi karya arsitektur yang nyata. Arsitek dan designer dari seluruh dunia berkolaborasi untuk membuat struktur yang paling indah dan megah tanpa mengurangi fungsi dari jembatan tersebut.

Ini dia 5 Jembatan terbaik, dan menjadi karya seni yang telah dikenali sebagai landmarks di negaranya.

1. Helix Bridge, Area Marina Bay, Singapore
Singapore telah dikenal sebagai tempat dengan arsitektur terbaik. Tidak terkecuali jembatanya. Namun, ada jembatan utama yang paling menonjol dan menarik wisatawan dari penjuru dunia, yaitu Helix Bridge. Pada malam hari, jembatan ini diterangi oleh lampu listrik biru yang membuatnya tampak indah dan nyata.


Pembangunan jembatan yang menjadi landmark di Marina Bay ini pertama kali dumumkan pada bulan Maret 2006. Menghubungkan Marina Bay ke Marina Centre, terletak di samping Benjamin Sheares Bridge, adanya rute berjalan yang membawa pengunjung ke atraksi utama di sekitar teluk, dan itu akan menjadi titik tujuan, yaitu tempat bagi pengunjung untuk menikmati panorama cakrwala kota Singapore. Jembatan ini dibuka secara resmi pada tanggal 24 April 2010, dan ini menjadi jembatan yang melengkung pertama di dunia.

2. Tower Bridge, London, Inggris
London adalah tempat yang penuh dengan keajaiban. Jika Anda sedang berada di London, Tower Bridge harus menjadi prioritas tempat yang dikunjungi, karena merupakan ikon dan salah satu contoh terbaik dari sejarah London di jaman Victorian.


Tower Bridge dibangun pada 1886-1894, jembatan ini melintasi sungai Thames dekat dengan Menara London. Merupakan salah satu dari lima jembatan London yang sekarang dimiliki dan dikelola oleh Bridge House Estate, sebuah badan amal yang diawasi oleh City of London Corporation. 

3. Ponte Vecchio, Florence, Italy
Jembatan yang lahir di abad pertengahan ini adalah salah satu landmark yang harus di kunjungi di Florence. Dibangun dari puluhan toko-toko kecil yang ditumpuk diatas satu sama lain. Pada abad ke-15, toko ini dipenuhi oleh pedagang sayur, daging, ikan, namun karena baunya, para penjual digantikan dengan penjual emas. Bahkan saat ini Anda dapat menemukan emas terbaik di dunia.


Dibangun dekat dengan persimpangan Roma, Ponte Vecchiao atau biasa disebut Jembatan Tua, sampai dengan tahun 1218 hanya satu-satunya jembatan yang menghubungkan Arno di Florence. Jembatan yang saat ini di bangun kembali setelah banjir di tahun 1345. 

4. Golden Gate Bridge, San Francisco, Amerika Serikat
Jembatan legendaris ini telah menjadi simbol dari San Francisco selama bertahun-tahun. Telah menghabiskan $ 30 juta untuk membangun Jembatan Golden Gate. Tidak ada yang benar-benar dapat memberitahu mengapa tapi jembatan ini menjadi salah satu yang paling banyak difoto di dunia, mungkin karena jembatan ini indah pada malam hari dan Anda pasti langsung bisa mengenalinya dengan warna kemerahan nya.


Didesain oleh Joseph Strauss, Irving Morrow, dan Charles Ellis, pembuatan konstruksi jembatan ini dimulai pada Januari 1933 selesai pada bulan April 1937, dan dibuka pada 27 Mei 1937. Jembatan ini merupakan jembatan gantung dengan rentang 1.300m. 

5. Banpo Girder bridge in Seoul, Korea Selatan
Banpo Girder Bridge dibuat sebagai jembatan bersusun. Bagian atas disebut dengan Bandpo dan pada bagian bawah disebut jembatan Jamso. Jembatan Jamso dapat digunakan untuk pejalan kaki dan pengendara sepeda, sementara jembatan Banpo menarik semua perhatian dengan keunikannya. Jembatan ini memiliki keunikan yang menjadikan jembatan terpanjang di dunia yang memiliki air mancur dan tercatat di Guinnes World Record.


Jembatan ini memiliki hampir 10.000 LED nozel yang bergerak di sepanjang kedua sisinya dan mengeluarkan air 190 ton per menit. Jembatan ini terlihat sangat menakjubkan dan indah pada malam hari.


Artikel Terkait

1 comments so far