Friday, February 17, 2017

Fakta-fakta Mengejutkan Mengenai Sisi Gelap Mahatma Gandhi

Setiap orang hebat di dunia tidak luput dari seorang presiden pun punya kelemahan. Memang tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini. Siapapun orang itu, orang yang paling dihormati, penulis buku, seorang penyanyi rock, atau bahkan pemimpin agama yang menurut kita suci pasti memiliki sisi kelemahannya, atau sisi buruk yang tidak diketahui banyak orang.

Sisi Gelap Mahatma Gandhi
Mahatma Gandhi - www.alearningfamily.com
Dan karena tidak ada satu orangpun yang luput dari sisi buruk, kita tidak perlu mengolok-ngolok orang dengan sisi buruknya. Namun, kitapun tidak dapat lari dari kenyataan bahwa ada sisi buruk di diri kita sendiri, tapi kita ada pilihan untuk memahami sisi buruk dan belajar dari sisi tersebut untuk menjadi lebih baik lagi. Adanya gagasan ini, di artikel ini akan dibahas mengenai sisi gelap dari seorang tokoh serta aktivis yang membela hak asasi manusia dari India, Mahatma Gandhi. Seberapa terkenalnya beliau, tidak luput dari sisi gelap yang akan membuat kita tercengang. Mahatma Gandhi adalah orang yang sangat dihormati untuk memimpin kemerdekaan India dan merupakan orang yang diandalkan untuk misi perdamaian serta kebebasan hak asasi manusia di seluruh dunia.

1. Dia Sering Menulils Surat Persahabatan Kepada Adolf Hitler
Yap, ketika Gandhi menulis surat ke Hitler setidaknya dua kali di tahun 1939 - 1940, dia selalu berbicara mengenai perdamaian, dan tentu saja Gandhi dengan segala kebaikan hatinya, serta keramahannya dia memanggil setiap orang dengan sebutan "kawan". Namun, sangat sesuatu ketika melihat seorang hebat serta tokoh perjuangan hak asasi di abad ke-20 ini menulis surat kepada seorang yang dikatakan "monster" yang ditakuti di abad ke-20, lalu menambahkan tulisan di suratnya seperti, "Kami tidak memiliki keraguan akan keberanian atau pengabdian Anda kepada tanah air Anda, kami juga tidak percaya bahwa Anda seorang 'monster' seperti yang dijelaskan oleh lawan Anda."

2. Dietnya Bahkan Lebih Aneh dari yang Anda Bayangkan
Walaupun Gandhi sangat terkenal karena dia vegetarian dan dengan sejarahnya untuk puasa selama 21 hari, kebiasaan aneh dan uniknya tentang makanan tidak berhenti di sini. Untuk kehidupan dewasanya, dia membatasi dirinya hanya makan kacang, padi-padian, buah-buahan, dan sayuran, dan terlebih, semuanya dalam kuantiti yang sangat sedikit! Akhirnya dengan kebiasaan makanannya itu, giginya mulai copot satu per satu, bahkan dokternya menyarankan ia untuk minum susu untuk kalsium. Namun, Gandhi hanya bisa minum susu kambing, dia bahkan berpergian dengan kambing supaya dapat memastikan dia minum susu murni dan fresh dari kambing yang dia bawa. Serta salah satu alasan utama untuk pembatasan diet, dia percaya akan dapat mengendalikan dorongan untuk seks nya.

3. Dia Menghadapi Sembelit dan Menghadapinya dengan Cara yang Aneh
Diet yang aneh dari Gandhi, seringkali membuatnya sembelit dan susah buang air besar. Namun, adanya hal aneh setidaknya menurut Gandhi: Naked Ambition, sebuah biografi di tahun 2010 dari Jad Adams, dia menjelaskan bagaimana Gandhi dapat menghadapi rasa sembelitnya. Menurut Adams, Gandhi secara rutin mengajak satu atau dua dari beberapa wanita untuk menemaninya ke dalam kamar mandi.

4. Pengobatan Enema untuk Mengatasi Sembelit
Menurut Great Seoul, sebuah biografi tahun 2011 oleh Joseph Lelyveld, Gandhi dengan senang hati melakukan pengobatan memasukkan cairan untuk mengobati sembelitnya, atau yang dikenal dengan enema (prosedur memasukkan cairan ke dalam-maaf-dubur-nya supaya dapat merangsang peristaltik kolon supaya dapat buang air besar). Namun, segalanya semakin tidak masuk akal ketika Anda mengetahui bahwa Gandhi juga kerap kali meminta wanita-wanita muda untuk menemaninya dalam pengobatan ini.

5. Berbagi Hubungan dengan Beberapa Wanita Muda yang Ada di Sekitarnya
Di kehidupan masa tuanya, Gandhi memiliki banyak teman wanita muda yang dekat dan selalu berada di sekitarnya, namun ternyata hubungan ini bisa membawa ke sisi gelapnya. Sebagai permulaan, ia terus meminta kepada sepasang perempuan untuk terus ada di sekitarnya dan memenuhi semua kebutuhannya, seakan seperti "tongkat" yang menemani majikannya untuk bisa berjalan. Selain itu ada hal yang membuat tidak nyaman, Gandhi secara personal meminta mereka untuk mandi bersama, yang lebih parah lagi, bahkan para gadis ini mau menuruti kemauan Gandhi, entah apa kesepakatan yang telah terjadi diantaranya. 

6. Gandhi Kerap Kali Dipijat Oleh Gadis-gadis Disekitarnya
Menurut Biografi Gandhi yang ditulis oleh Jad Adam, selain kebutuhannya untuk ditemani mandi dan buang air besar dengan gadis-gadis di sekitarnya, Gandhi juga menugaskan gadis-gadis tersebut untuk memberikan pijatan kepadanya dalam keadaan telanjang. 

7. Meminta Gadis-gadis Muda Tidur Disampingnya
Dalam rangka menguji kesucian gadis-gadisnya, Gandhi meminta gadis-gadis muda untuk tidur di sampingnya dalam keadaan telanjang. Adanya fakta realitas yang terjadi di sini, bahwa seseorang yang memiliki jiwa untuk memperjuangkan hak manusia tidak bisa bertahan akan hawa nafsunya, di usianya yang 30-an, Gandhi memutuskan untuk mengambil sumpah mengenai kesucian, bahwa ia harus menguji kesucian gadis-gadis dengan cara yang aneh. Meskipun ia melarang pria dan wanita (bahkan suami-istri) untuk tidur bersama saat di Ashram-nya (adalah tempat orang suci melakukan pertapaan demi hidup dalam damai), Gandhi memiliki banyak wanita di sekitarnya, beberapa diataranya adalah remaja, bahkan ada yang sudah menikah tidur dalam keadaan telanjang di kasurnya. 

Ternyata masih banyak lagi fakta-fakta mengejutkan mengenai sisi gelap Mahatma Gandhi. Salah satunya adalah dia seperti bertanggung jawab akan kematian istrinya. Istrinya berhasil untuk bertahan dengan segala kelakuannya, namun sangat disayangkan kesehatannya semakin menurun. Diawal tahun 1944, ketika dia terserang penyakit pneumonia, Gandhi sekali lagi dihadapkan pada pilihan, namun ia menolak untuk memberikan suntikan kepada istrinya dengan yang dia sebut sebagai "obat alien", padahal obat itu penisilin. Segera setelah kejadian ini, istrinya meninggal, namun tidak lama setelah itu, Gandhi sendiri terkena malaria. Kali ini, dia mengizinkan dokter untuk menyuntikkan dengan kina dan berhasil menyelamatkan nyawanya. 

source

Artikel Terkait