Saturday, February 18, 2017

Uni Emirat Arab Akan Membangun Kota di Planet Mars

Uni Emirat Arab atau dalam bahasa Inggris United Arab Emirates (UAE) terkenal dengan tempat wisata andalannya yaitu Dubai. Sepertinya pemerintah UAE memang tidak pernah berhenti dalam berinovasi untuk membangun kota nya yang menakjubkan dan spektakuler. Seperti Dubai contohnya, terkenal dengan adanya gedung tertinggi di Dunia yaitu Burj Khalifa, lalu adanya pulau buatan, tidak membuat pemerintah UAE tidak berhenti untuk terus membangun kotanya. Dengan bantuan International, UAE akan membangun kota di Mars di tahun 2117. Rencana ini sudah ada dalam agenda World Government Summit di Dubai di Februari ini.

Rencana Kota di Planet Mars
Rencana Kota di Planet Mars

"Proyek ini merupakan proyek dalam jangka panjang," Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum, sebagai pemimpin Dubai dan wakil presiden UAE mengatakan dalam pernyataannya di Washington Post, "Ambisi manusia tidak memiliki batas, dan siapapun yang melihat serta berinovasi dalam ilmiah di abad ini percaya bahwa kemampuan manusia dapat mewujudkan impian apapun itu. Dalam pernyataannya tersebut dijelaskan bahwa UEA akan memberikan kesempatan ini untuk mahasiswa/mahasiswi universitas untuk ilmu ruang angkasa. Fokus akademik ini akan difokuskan untuk membuat perjalanan antar-planet dan perjalanan ruang angkasa serta membuat koloni. 

Sementara itu, UEA telah mempersembahkan sebuah konsep untuk sebuah kota yang disebut the City of Wisdom dalam virtual reality seperti yang dilansir dari laporan CNBC. "Kotanya seperti seujuran Chicago. Memiliki populasi sekitar 600.000," kata Saeed Al Gergawi, manager dari the scientific and research committee di the World Government Summit.

Saeed Al Gergawi, Berambisi Membangun Kota di Planet Mars
Twitter Saeed Al Gergawi

Saeed Al Gergawi mengatakan bahwa UAE akan bergantung kepada kerjasamanya dengan negara lain untuk mensukseskan membangun kota di Planet Mars di tahun 2117. Dengan rencana ini, sepertinya perlu adanya penandatanganan perjanjian yang diadakan setiap tahun untuk tetap terlibat dalam proyek ini. "Di Bumi, kita sebagian besar didasarkan pada sistem kapitalis." Kata Saeed Al Gergawi kepada CNBC. "Untuk pastinya, kita kita memiliki elemen kapitalis. Tapi kita harus membuat sesuatu yang unik, yang sesuai dengan kebutuhan akan lingkungan di Mars."

Lebih lanjut lagi, UAE memiliki program ruang angkasa, yang diluncurkan pada tahun 2014, saat ini berencana untuk mengirimkan satelit tak berawak yang disebut "Hope" ke Planet Mars di tahun 2021, ini berkat adanya kerjasama dengan Perancis dan Inggris. Maka dari itu, semakin adanya celah untuk dibangunnya kota di Mars. Sementara itu, saat ini NASA memang sedang giatnya untuk meneliti mengenai planet Mars. Bahkan menurut Fox News, salah satu syarat untuk adanya kehidupan adalah ditemukannya air. Namun, sampai saat ini masih belum diketahui apakah ditemukannya cairan tersebut memiliki maksud bahwa kita dapat tinggal di Planet Mars atau tidak. Kita harap saja semoga penelitian NASA mengenai Planet Mars membuahkan hasil dan berita bagus untuk kita, serta rencana UAE untuk membangun kota di Planet Mars dapat terealisasi dengan baik.

Artikel Terkait