Tuesday, January 5, 2016

Misteri Tak Terjawab dalam Star Wars The Force Awakens


Hadirnya Star Wars Episode VII: The Force Awakens menjadi perbincangan publik dan masyarakat. Semenjak sang director J.J. Abram membuat film itu menjadi sangat diminati masyarakat dan tentunya menjadi kesayangan para fans setia dari Star Wars. Dapat dikatakan Abram telah berhasil, namun ada beberapa misteri besar dalam film ini yang masih belum terjawab. Kita mengerti bahwa sulit untuk menjelaskan semuanya dalam waktu dua jam, dan dari trilogy ini masih adanya dua film yang belum release. Namun misteri yang cukup jelas ini tidak terjawab di dalam film. Peringatan: banyaknya spoiler di dalam artikel ini untuk film The Force Awakens.

APA YANG TERJADI ANTARA LEIA DAN HAN?


Adanya asumsi bahwa Han dan Leia menamai anaknya dengan Ben, nama tersebut diambil dari Ben Kenobi atau Obi-Wan Kenobi (seorang master jedi), orang yang telah melatih Anakin Skywalker (ayah dari Luke Skywalker), dan paman Luke yang bernama Owen sempat memanggilnya dengan sebutan "penyihir tua yang gila" di dalam film Star Wars A New hope. Lalu pada film The Force Awakens, Ben jatuh dalam kegelapan dan mengubah namanya dengan Kylo Ren pada saat berlatih Jedi dengan paman Luke. Seperti yang kita tahu, terlalu banyaknya 'Vader' dalam tubuh Ren, maka ia masuk dalam kegelapan. Sepertinya ini merupakan beban yang berat bagi Han dan Leia, jadi mereka berpisah. Namun, ketika bersama-sama berjuang demi Republik, pasangan ini terlihat sangat mesra. Jadi, apa yang sesungguhnya terjadi kepada pasangan tersebut? Pasti ada suatu masalah yang lebih mengkhawatirkan daripada masalah Kylo Ren yang berubah menjadi kegelapan. Apa yang membuat mereka benar-benar terpisah? 

APAKAH REY SEORANG SKYWALKER?


Biasanya, kisah Star Wars fokus kepada keluarga Skywalker, kehebatan dari keturunan Skywalker yang memiliki kekuatan dan bersama dengan Force mengendalikan kekuatannya. Pada episode IV, V, dan VI fokus ada pada Luke Skywalker yang menjadi seorang ksatria Jedi, sementara pada episode I, II, III fokus kepada Anakin Skywalker yang berubah dan berpihak kepada kegelapan. Skywalker keduanya telah menemukan cara bahwa mereka dapat kuat bersama dengan Force, mereka belajar untuk menggunakan kekuatan tersebut. Menurut versi Abram dalam film The Force Awakens, telah adanya asumsi bahwa ia tidak akan menghindari tradisi untuk fokus kepada Skywalker. Rey dapat menggunakan lightstaber juga, dan sepertinya Rey yang akan mengikuti pelatihan Jedi dalam trilogy ini. Dalam film ini, ada scene dimana Rey melawan Kylo Ren, Rey memanggil lightstabber, ini sangat jelas, bahwa hanya dua Jedi yang menerima panggilan lightstaber itu sebelumnya, yaitu Anakin Skywalker dan Luke Skywalker. Terbukti jelas bahwa dia bukan anak dari Leia dan Han Solo semenjak keduanya tidak merasa memiliki anak, namun ada kemungkinan lain, apakah ia anak dari Luke? 

SIAPA MAZ KANATA, DAN BAGAIMANA IA MENDAPATKAN LIGHTSTABER?


Mungkin J.J. Abrams ingin membuat Yoda versi lain, atau mungkin dia sebenarnya teman lama dari Han Solo. Namun banyak yang bertanya-tanya, siapa Maz Kanata dan bagaimana dia dapat memiliki lightstaber yang asli? Terlebih adanya simbol yang sangat jelas ada di sekitar kotak tempat ia menaruh lightstaber di bawah tanah. Han Solo memang sempat bilang bahwa ia adalah teman lama, namun kita tidak pernah mendengar namanya di Star Wars sebelumnya. Siapa sebenarnya alien ini sehingga ia dapat memliki salah satu senjata paling penting di galaxy ini? Akankah ada jawabannya dalam film selanjutnya?

MENGAPA KYLO REN MEMUJA DARTH VADER, YANG TELAH BEPINDAH KE SISI KEBAIKAN?


George Lucas telah menyelesaikan trilogy dengan menyebutkan adanya gagasan bahwa sisi kegelapan dapat berpindah ke sisi cahaya (kebaikan) dengan kekuatan dari Force dan kepahlawanan. Darth Vader telah berkorban untuk menyelamatkan anaknya, sehingga Darth Vader telah berpihak pada kebaikan. Lalu, ada apa dengan Kylo Ren yang memuja Darth Vader? Kenapa Ren mencoba untuk menyelesaikan apa yang telah dimulai kakeknya? Secara logis, bukankah Kylo Ren seharusnya malu dengan aksi kakeknya yang melawan cahaya? Ini membawa kita bertanya-tanya apa yang membuat Ren menjadi korupsi, dan kenapa ia terobsesi dengan Vader, mengingat Vader telah berpihak pada kebaikan di akhir dari film Return of the Jedi.

BAGAIMANA THE FIRST ORDER DAPAT BANGKIT?


Kerajaan telah di kalahkan oleh Luke dan Luke juga sudah mengalahkan Sith Lords yang mengikuti jalan kegelapan. Lalu, bagaimana ada First Order? Dan, siapa yang bertanggungjawab atas semuanya, sementara adanya alien besar hologram terlibat di dalamnya? Sangat dibutuhkan penjelasan akan ini. Apa yang telah ditinggalkan Lucas selama 30 tahun semenjak Return of Jedi? Apa yang terjadi dalam 30 tahun terakhir selain kelahiran Kylo Ren?

SIAPA SEBENARNYA SUPREME LEADER SNOKE?


Sangatlah jelas, bahwa dalam film trilogy terbaru ini dibutuhkan adanya versi terbaru dari kerajaan Palpatine. Supreme Leader Snoke mengisi kekosongan itu dengan wujud hologram alien yang besar. Dalam film The Force Awakens, kita dapat melihat bahwa Snoke dan Ren memiliki hubungan master-murid. Han dan Leia memberikan hint bagaimana anaknya terbujuk mengikuti sisi kegelapan oleh Snoke, tidak diragukan lagi Snoke merupakan pengguna Force yang sangat hebat. Namun, siapa dia? Dari mana asalnya? Kita pun tidak tahu bagaimana First Order hadir di tengah-tengah kerajaan, kita tidak tahu bagaimana Snoke mempelajari kegelapan. Siapa gurunya? Apakah ia ada hubungannya dengan film-film Star Wars sebelumnya?

ADA APA DENGAN FINN?


Finn sempat menjadi Stormtrooper yang terlibat dalam pertempuran besar di Jakku di awal The Force Awakens, ia menyadari bahwa tidaklah benar menembaki para warga tidak bersalah. Kita mengetahui dari film ini bahwa Finn sejak kecil diambil dan dibesarkan untuk First Order, dan dia kembali pada setiap pertempuran. Namun, apa yang sebenarnya membuat ia memberontak dari First Order? Bagaimana bisa tidak ada Stormtrooper yang lain tidak memiliki pemikiran seperti ini? Apakah ia secara misterius menjadi kuat karena Force? Dari keluarga siapakah ia? 



Artikel Terkait