Thursday, March 30, 2017

Ingin Tahu Negara Mana Saja yang Memiliki Passport Terkuat di Dunia?

Tags

Ketika kita berpergian international, tentu passport menjadi hal yang wajib dibawa kemanapun kita melangkah di luar negeri sana, karena passport menjadi alat wajib tanda pengenal serta negara mana kita berasal. Adanya passport yang dapat memperbolehkan kita pergi ke negara manapun berada, itulah yang disebut dengan kebebasan dalam travel. Namun, adanya perbedaan negara dikeluarkannya passport, adanya juga level akan kebebasan dalam travel. Beberapa traveler dapat pergi dan tinggal di luar negeri untuk berbulan-bulan atau bahkan tahunan, sedangkan yang lain tersangkut akan mahalnya visa, terbatasnya waktu atau adanya proses yang memakan waktu sangat lama. Mengapa adanya perbedaan seperti itu? Negara mana yang memiliki passport terkuat di dunia?

Negara passport terkuat di dunia
image source

Seperti kita ketahui, passport mencerminkan akan negara berasal. Dimana adanya negara yang memiliki hubungan diplomatik paling baik, cenderung memiliki passport yang kuat. Karena pemimpin dari negara tersebut telah bergabung dan menandatangani perjanjian bilateral mengenai visa. Sebagai contohnya, passport Afghanistan sangatlah terbatas untuk pergi travel ke negara lain, karena negara tersebut banyak terlibat dalam konflik international. Menurut Passport Index di tahun 2017, dimana adanya peringkat negara dan warga negaranya dapat memasuki negara lain tanpa visa, Singapore salah satunya yang memiliki passport terkuat saat ini. 

Semenjak ditemukan di tahun 1965, kebijakan luar negeri Singapore sudah diprediksi untuk mengembangkan dan memelihara teman International sebanyak mungkin. Negara ini menjadi netral pada saat perang dingin, dan memfokuskan usahanya untuk menyatukan negara-negara Asia Tenggara atau yang disebut sebagai ASEAN. Saat ini, negara Singapore memiliki peran yang aktif di PBB (United Nations), dan disandingkan dengan negara kuat seperti Amerika, Cina, dan Inggris, untuk memastikan bahwa negara kecil memiiki hak untuk berbicara di permasalahan International. Bahkan negara Singapore bersahabat baik dengan Malaysia, dimana negara ini sempat terpisah lebih dari 50 tahun yang lalu karena permasalahan politik dan ketegangan ras. Memiliki citra yang baik di mata International, pemegang passport Singapore dapat berpergian dengan bebas visa di 158 negara dan wilayah, termasuk semua negara di Eropa, dimana daerah yang sulit untuk mendapatkan akses yang penuh. 

passport terkuat di dunia
Masyarakat Urban

Ada lagi Swedia, dimana negara ini memiliki pendekatan yang sama mengenai kebijakan luar negeri, dan negara ini memiliki passport yang kuat. Swedia tidak pernah berperang semenjak di awal abad ke-19, ketika perang banyak terjadi di berbagai negara dan wilayah. Militer Swedia berfokus kepada kedamaian negara satu sama lain, sebagai negara yang netral, Swedia sering menjadi negara pelindung bagi negara yang kurang kuat, dan sebagai penengah dalam sengketa International. 

Jerman, passport terkuat di dunia
Passport Jerman

Namun, negara mana yang sebetulnya memiliki passport terkuat di dunia? Negara yang memiliki passport terkuat ke-1 di dunia yaitu Jerman, dimana memiliki akes bebas visa ke 160 negara di dunia. Jerman bisa dibilang sebagai pendukung terkuat di dunia dalam kerjasama global. Banyaknya anggota organisasi dunia yang diikuti Jerman, termasuk PBB, EU, NATO, dan OECD, dan berkontribusi dalam pendanaan European Union lebih dari anggota negara yang lainnya. Jerman mengambil pemeran utama pada memecahkan permasalahan global, seperti perubahan iklim, senjata nuklir, perkembangan akan teroris, dan bahkan menggunakan dananya untuk membantu permasalahan ekonomi EU seperti Yunani. Namun, membentuk persahabatan dengan negara lain bukanlah jalan untuk mendapatkan bebas visa, beberapa negara seperti Cina, telah meningkatkan kebebasan dalam travel hanya karena warganya memiliki kekayaan rata-rata. Dikutip dari CNN di tahun 2016, Jepang, Korea Selatan, dan Amerika Serikat memudahkan pembatasan visa pada turis Cina, sepertinya karena adanya keuntungan ekonomi yang akan mereka dapat. 

cap passport
Cap passport

Pada akhirnya, negara dengan memiliki kebebasan travel sangat penting bagi warga negaranya. Adanya kemampuan untuk berpindah secara mudah di seluruh dunia, sangat berkolerasi akan kesempatan ekonomi, mobilitas yang tinggi, serta adanya kualitas dalam hidup. Adanya globalisasi, adanya passport yang kuat menjadi lebih kritis. Lalu, peringkat ke berapa Indonesia saat ini? Ternyata setelah ditelusuri Indonesia menempati peringkat ke-68 bersamaan dengan negara Ghana dan Armenia dengan bebas visa hanya 59 negara di dunia. 

Artikel Terkait