Tuesday, May 9, 2017

Sebelum Melamar Kerja, Cek Gaji Perusahaan Terbaik Melalui Aplikasi Ini

Jujurlah pada diri Anda sendiri, berapa gaji yang Anda dapatkan saat ini? Apakah gaji tersebut sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup Anda sehari-hari? Apakah Anda masih punya mimpi untuk pergi jalan-jalan dengan menyisihkan sebagian uang dari gaji Anda setiap bulannya? Coba dipikirkan kembali berapa uang yang harus Anda dapatkan supaya dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari Anda termasuk menyisihkan sebagian uang untuk kebutuhan dadakan.

cek gaji perusahaan
Image source HR Daily Advisor
Tentu Anda wajib untuk mengetahui seluk-beluk serta berapa gaji yang akan Anda terima nanti saat di perusahaan yang baru Anda masuki. Apalagi bagi Anda yang masih fresh graduate atau yang ingin mencari pekerjaan baru. Saran saya bagi Anda yang masih fresh graduate, tidak masalah jika Anda menjadikan pekerjaan Anda saat ini sebagai batu loncatan, karena Anda masih butuh ilmu yang banyak di dunia kerja, namun Anda lebih baik perhatikan juga berapa gaji fresh graduate yang seharusnya Anda terima.

Berbicara mengenai gaji memang membuat banyak orang penasaran, lalu apakah kita bisa cek gaji perusahaan? Bisa sekali! Sekarang sudah ada yang namanya Jobplanet, merupakan sebuah situs yang menyediakan informasi mengenai gaji suatu perusahaan. Tinggal dipilih perusahaan mana yang ingin Anda ketahui, dan Anda akan mendapatkan jawaban dari semua pertanyaan-pertanyaan dan tentunya ke-galauan yang Anda alami saat ini. Bagusnya lagi, saat ini Jobplanet sudah hadir di aplikasi smartphone terutama Android. Anda sudah bisa langsung download aplikasi Jobplanet dari sekarang.

Seperti apa isinya? Ternyata lengkap sekali persis seperti apa yang dibutuhkan bagi para job seeker!

cek gaji perusahaan  cek gaji perusahaan

Saat Anda mengunduh aplikasi Jobplanet, Anda akan diminta untuk mendaftarkan diri Anda. Ini tentunya untuk memberikan akses penuh kepada Anda akan informasi yang ada di dalamnya. Mudah sekali, bagi Anda yang memiliki Facebook, Anda tinggal daftar lewat Facebook, namun ini selera Anda ingin daftar melalui apa. Jika Anda daftar melalui email, tentu akan diminta untuk konfirmasi alamat email.

Setelah Anda login, Anda akan mendapatkan akses untuk melihat informasi-informasi terbaru mengenai perusahaan idaman Anda. Tentunya ini sangat membantu Anda jika Anda memang mengidam-idamkan bekerja di perusahaan tersebut. 

          

Pada bagian 'home' akan ada list beberapa perusahaan favorit dan akan ada informasi mengenai review dari perusahaan tersebut termasuk gaji. Serunya lagi, kita bisa mencari perusahaan melalui sektor industri bergerak di bidang apa, serta di daerah mana. Anda bisa mencarinya pada kolom 'lowongan' dan dapat mencari pekerjaan yang dirasa sesuai dengan kriteria Anda, tentunya sangat menarik bukan? 

 
Sebagai contoh, Anda sedang mencari pekerjaan di bidang Marketing, maka yang keluar adalah informasi dari perusahaan-perusahaan yang saat ini sedang membutuhkan posisi Marketing. Tentunya tanpa khawatir akan lokasi, karena Anda dapat melakukan pengaturan dari awal lokasi mana yang ingin Anda tuju untuk bekerja nanti.


Selain memberikan informasi mengenai gaji suatu perusahaan, aplikasi Jobplanet juga memiliki fitur yang sangat unik. Yaitu kita menuliskan review suatu perusahaan, menulis informasi gaji perusahaan, review untuk interview, dan mengirim saran. Tentunya semua yang ada di fitur tersebut adalah anonim. Jadi, jika kita ingin menuliskan review suatu perusahaan, kita tidak perlu khwatir, semua data di-rahasia-kan dan Jobplanet tidak bisa melacak identitas penulis review tersebut. Apakah isi review dapat di percaya? Tentu isinya aman dan jujur dari user yang mengalami atau pernah merasakan bekerja di perusahaan tersebut. Karena review yang kita tulis di aplikasi Jobplanet juga telah melewati moderator, jadi ibaratnya di filter terlebih dahulu untuk menghindari isi review yang melenceng dan penulisan berita hoax. 

Pada saat Anda sedang mencari pekerjaan, perlu diperhatikan juga review yang sudah ditulis oleh 'anonim' tadi untuk perusahaan tersebut. Apakah perusahaan tersebut baik untuk Anda? Apakah gaji dari perusahaan tersebut sesuai dengan ekspektasi Anda? Namun, janganlah takut dan mencoba untuk apply di perusahaan tersebut jika sekiranya perusahaan tersebut adalah idaman Anda. Siapkanlah jawaban terbaik saat interview nanti. Jika Anda sudah dipanggil untuk interview dan kebetulan penanya bertanya kepada Anda, "Berapa ekspektasi gaji yang Anda inginkan?" berhubung Anda sudah melihat range gaji melalui aplikasi Joplanet, Anda sudah tahu dan mengira-ngira berapa gaji yang Anda inginkan. Namun sisipkan pula jawaban cerdas seperti "saya membutuhkan informasi lebih banyak mengenai jobdesk saya nanti, bolehkah saya mengetahui berapa banyak budget untuk posisi ini, serta saya ingin mengetahui lebih lanjut mengenai berapa lama review yang dibutuhkan untuk penyesuaian gaji/kenaikan gaji tahunan." Kurang lebih Anda harus dapat merangkai kalimat seakan-akan Anda memang pantas diberi bayaran senilai yang Anda ajukan dan juga sesuai dengan kebutuhan suatu perusahaan. Tentu hal ini kita lakukan demi karir yang lebih baik di kemudian hari.

Artikel Terkait