Tuesday, February 28, 2017

Ini Kronologi Kesalahan Paling Fatal dalam Perhelatan Piala Oscar ke-89

Piala Oscar atau yang dikenal juga sebagai Academy Awards yang ke-89 baru saja selesai digelar di Dolby Theatre di Hollywood, Los Angeles, California. Perhelatan bergengsi setiap tahunnya ini diadakan untuk memberikan penghargaan kepada artis-artis berbakat serta penghargaan akan film-film terbaik. Piala Oscar yang ke-89 yang di rilis di tahun 2016 ini, memiliki 24 kategori penghargaan. Penghargaan ditayangkan di siaran ABC dengan Jimmy Kimmel sebagai pembawa acara untuk yang pertama kalinya. 

Namun ada yang menarik dari pagelaran piala Oscar tahun ini. Momen menarik sekaligus momen memalukan sepanjang sejarah piala Oscar: Kesalahan pada pengumuman pemenang! Penyelenggara salah mengumumkan pemenang piala Oscar untuk kategori "The Best Picture" jatuh kepada "La La Land" yang ternyata salah dan pemenang sesungguhnya yaitu "Moonlight". Bagaimana kesalahan itu bisa terjadi? Berikut ini dirangkum dari theguardian.com potongan foto-foto serta kronologi yang membuat penonton piala Oscar sedikit ricuh.

1. Faye Dunaway dan Warren Beatty muncul dari belakang panggung untuk mengumumkan kategori "The Best Picture." 

Faye Dunaway dan Warren Beatty di Piala Oscar ke- 89
Photograph: Kevin Winter/Getty Images

2. Tampak di foto close-up bahwa Warren Beatty memegang amplop dengan tulisan untuk pemenang kategori "Best Actress" - untuk award ini, Emma Stone pemeran utama di La La Land sudah memenangkan kategori "Best Actress."
amplop pemenang kategori best actress di Piala Oscar ke-89
Photograph: ddp USA/REX/Shutterstock

3. Beatty mulai untuk membaca pemenangnya melalui kartu yang ia bawa, dan tentu saja ia terlihat kebingungan dengan apa yang dia baca, dia lalu mencari apakah ada kertas tambahan di dalam amplopnya.

Photograph: ddp USA/REX/Shutterstock

4. Beatty tidak yakin dengan hasilnya, dia lalu memberikan kartunya ke Dunaway. Dunaway tidak tahu jika ada yang salah di dalam amplopnya, dan dia membaca apa yang ia lihat, dia melihat judul yang tertera: La La Land.

Faye Dunaway dan Warren Beatty di Piala Oscar ke- 89
 Photograph: Kevin Winter/Getty Images

5. Sebagai producer La La Land, Mark Platt (depan) memberikan pidato terima kasih, tampak di belakang dengan headphone, penyelenggara acara Oscar mengambil amplopnya dari La La Land produser Jordan Horowitz dan Fred Berger.  

La La Land kru di Piala Oscar ke-89
 Photograph: Kevin Winter/Getty Images

6. Foto ini menunjukkan bahwa tim La La Land menyadari bahwa mereka tidak benar-benar menang. Produser Fred Berger mengambil mic dan memberikan pidato, mengakhiri dengan kata: "Kita kalah." Dibelakang dia, perwakilan dari PricewaterhouseCoopers, yang mengawasi pemilihan suara Oscar - Brian Cullinan (memegang amplop) dan Martha Ruiz (gaun merah) - berada di atas panggung, memeriksa amplop. Perusahaan jasa akutansi ini telah meminta maaf dan berjanji untuk melakukan penyelidikan 

La La Land kru di Piala Oscar ke-89
Photograph: Chris Pizzello/Invision/AP

7. Horowitz mengangkat tangannya untuk memberhentikan perayaan kemenangan untuk kru La La Land yang pada akhirnya mereka mengetahui bahwa mereka tidak menang. "Ini bukanlah bercanda," ia berkata kepada penonton.

Horowitz di piala oscar ke-89
Photograph: Kevin Winter/Getty Images

8. Saat ini Beatty sudah diberikan kartu yang benar, dan Horowitz mengambil kartunya dan memperlihatkan kepada penonton. Terlihat jelas Moonlight pemenangnya.

Menunjukkan Moonlight pemenang piala Oscar
 Photograph: Mark Ralston/AFP/Getty Images
9. Tim Moonlight maju ke atas panggung, Beatty maju ke depan untuk menjelaskan ke Kimmel dan tim La La Land apa yang terjadi. Kartu yng diberikan kepada Beatty, dia menjelaskan bahwa tertulis "Emma Stone, La La Land". "Saya tidak mencoba untuk melucu."

Beatty memberikan klarifikasi di piala oscar ke-89
Photograph: Chris Pizzello/Invision/AP
10. Horowitz memberikan piala Oscarnya ke Barry Jenkins, sang sutradari dari Moonlight.

Horowitz memberikan piala Oscar ke tim Moonlight
Photograph: Kevin Winter/Getty Images
11. Jenkins menutup acara dengan merangkum peristiwa luar biasa dari acara ini. "Bahkan di dalam mimpi saya ini rasanya tidak mungkin. Namun, tidak peduli, saya selesai dengan mimpi - karena ini adalah nyata."

jenkins menutup acara piala oscar ke-89
Photograph: Kevin Winter/Getty Images

Artikel Terkait